Beberapa hari
yang lalu ada beberapa webinar menarik salah satunya dari Bank Indonesia Solo. Di
zaman yang semakin canggih, hampir semua hal dilakukan dengan cara digital.
Karena kemajuan teknologi yang semakin canggih, maka bidang transaksi keungan
pun semakin canggih, dengan menggunakan cara digital ketika bertransaksi. Salah
satu upaya yang dilakukan Bank Indonesia mengenai layanan sistem pembayaran
digital ini dipaparkan melalui webinar zoom meeting Rabu, (15/9/2021).
Dalam forum
diskusi tersebut menghadirkan beberapa narasumber yaitu Nugroho Joko Prastowo
(Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo); Novi Cahyono (Analis Senior Departemen
Penyelenggaraan Sistem Pembayaran Bank Indonesia); Artarini Savitri (Analis
Eksekutif Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank
Indonesia) dan Hudiyanto (Deputi Direktur Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa
Keuangan).
Pemaparan
materi mengenai perkembangan ekosistem digital di Indonesia oleh Novi Cahyono.
Dalam presentasinya Novi juga menjelaskan mengenai sistem pembayaran nasional
seperti layanan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional); QRIS sebagai quick win yang
berhasil mengefisiensikan transaksi ritel di masyarakat dan terbukti efektif
solusi di masa pandemi dan BI-FAST yang akan hadir mendukung infrastruktur ritel. BI Fast Payment didesain untuk menjadi alat pembayaran
bagi para pelaku industri, ritel dan UMKM lewat pembayaran transfer online.
Untuk mendukung
berbagai sistem digital diatas perlu adanya perlindungan dan kiat aman dalam
bertransaksi. Artarini Savitri menjelaskan masyarakat perlu meningkatkan
literasi keuangan semisal melindungi data pribadi, pastikan secara resmi dalam
bertransaksi keuangan dan adukan permasalahan. Bank BI juga menyediakan layanan
pengaduan konsumen seperti Edukasi, Konsultasi dan Fasilitasi.
Narasumber yang
terakhir yaitu Hudiyanto menjelaskan beberapa hal penting peranan Otoritas Jasa
Keuangan (OJK). Ia mengatakan, "Banyak permasalahan di masyarakat mengenai
investasi bodong dan pinjaman online (pinjol) sering terjadi. Kami menyediakan
layanan pengaduan di kontak 157 (OJK) dan aplikasi Portal Perlindungan Konsumen
(APPK)", jelasnya.
OJK selalu
menekankan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan bijak dalam keuangan.
Seperti, memahami kebutuhan dan kemampuan saat memilih produk keuangan; pahami
kontrak perjanjian (hak, kewajiban, resiko dan manfaat); pahami cara
menghubungi kontak center dan pahami cara menyampaikan pengaduan ke OJK.
Sementara untuk
investasi gunakan dua hal logis dan legal. Maksudnya, menggunakan produk yang
diatur dan diawasi regulator terkait, pastikan entitas mendapatkan izin
investasi dan tidak mudah terpengaruh ajakan. Untuk pinjaman online selalu
pilih Fintect Peer to Peer Lending yang berizin atau terdaftar di OJK.
MGM National Harbor casino, opening in May
BalasHapusMGM National Harbor 용인 출장샵 has been named 시흥 출장마사지 “Maryland's Favorite Casino” by Casino 울산광역 출장마사지 and its casino brand 논산 출장샵 MGM Resorts International 밀양 출장안마 offers a gambling playground