Ayo Belajar Grammar “Tenses”....



Ilmu apabila tidak sering digunakan lambat laun pasti akan pudar dan hilang. Mari kita membahasa tentang tenses. Apa sih itu tenses??? Tenses adalah tata cara dasar dalam membuat kalimat dalam bahasa inggris yang menggambarkan atau menjelaskan kapan suatu peristiwa, berita, pernyataan, tindakan yang terjadi di dalam kalimat Present (sekarang),  Past (lampau) dan Future (yang akan datang). Kenapa penulis membahas ini, beberapa hari yang lalu penulis mengikuti test forum diskusi Teaching Learning di Jakarta. Tenses sudah diajarkan di sekolah Dasar (SD). SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan, Pelengkap) adalah rumus yang digunakan untuk menyusun kalimat dalam Bahasa Indonesia. Kalau dalam Bahasa Inggris kenali istilah dasar Verb (Kata Kerja), Noun (Kata Benda), Adjective (Kata Sifat) dan Adverb (Kata Keterangan). Kenapa sebagian orang masih kesulitan mendalami Bahasa Inggris, Bahasa Inggris itu Foreign Language sedangkan Second Language adalah Bahasa Indonesia dan Mother Language adalah Bahasa Daerah. Ada pepatah bisa karena terbiasa dan itu memang terbukti dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kembali pada tema yang akan jadi pembahasan kali ini. Tenses ada beberapa macam: 
1.    Present Simple Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, Present Perfect Continuous Tense
2.    Simple Past Tense, Past Continuous Tense, Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense
3.    Future Tense, Future Continuous Tense, Future Perfect Tense, Future Perfect Continuous Tense

Banyak sekali rumusnya ya, ingat tidak perlu menghafalkan semua nama tenses dan rumusnya cukup memahami dan menerapkannya kedalam kalimat saja. Dalam forum diskusi ada guru yang mengajar siswa dari Lab School dan JIS (Jakarta Intercultural School). Guru tersebut mengatakan, “Kebanyakan siswa internasional memang fasih dalam Speaking, Listening dan Writing tetapi mereka masih lemah dalam grammar, bahkan mereka cenderung kebingungan untuk menentukan jenis tenses dan rumusnya.” Cara menjelaskan kepada siswa juga lebih rumit apabila menggunakan banyak rumus, lebih mudah langsung menggunkan contoh kalimat dalam artikel, subtitle, lyric yang dirasa lebih menarik. Penjabaran yang bertele-tele membuat siswa bosan, mengantuk bahkan bingung. Bagaimana menyampaikan materi pembelajaran agar para siswa lebih mudah memahami.
Pengajaran secara direct method di sekolah tersebut menggunakan native speaker. Pengajaran melalui music, movie, outing class dll, lebih menekankan dalam speaking (pronounciation) agar bisa bersaing secara internasional. Mereka tidak perlu menggunakan embel-embel rumus karena mereka sudah terbiasa dan terlatih secara langsung. Tetapi bagi yang masih awam lebih baik belajar dasarnya. To be (is, am, are, was,were, being, been) sedangkan Auxiliary (can, could, will, would, may, might, shall, should, must, ought to, have/has, had, do/does, did). Ingat they, we, I, You tidak suka es maka menggunakan (do, am, were, are) sedangkan he, she, it suka doyan maka menggunakan (does, is, was)

1.    Simple Present Tense untuk menyatakan fakta, kebiasaan atau kejadian yang terjadi saat ini. Kata keterangan yang digunakan every... (day, where, time, week, year, month), annual, always, usually, seldom, often, sometimes, never,
Rumus: (+) S + V (s/es) + O + Adverb (adverb of time, of manner, of place, etc)
             (-)  S + do/does + Not + V1 (verb infinitive) + O + Adverb
             (?) Do/does (to be) + S + V1 + O + Adverb + ?
Ex: Government gives fund to poor people as a compensation of new oil policy.
       Titanic is one of the biggest ship in the world.

2.    Present Continuous Tense untuk menyatakan aksi yang sedang berlangsung sekarang. Kata keterangan yang digunakan now, today, this... (month, day, week, year, time), right now, at present).
Rumus: (+) S + be (is,am,are) + Ving + O + Adverb
             (-)  S + be (is,am,are) + Not + Ving + O + Adverb
             (?) be (is,am,are) + S + Ving + O + Adverb + ?
Ex: He is learning in order to be a great guide today.
       I’am spending my holiday in the beach.

3.    Present Perfect Tense untuk menyatakan suatu aktivitas yang telah dilakukan saat ini atau baru saja selesai. Kata keterangan menggunkan just now, yet, already, ever..., already,
Rumus: (+) S + have/has + V3 + O + Adverb
             (-)  S + have/has + Not + V3 + O + Adverb
             (?) have/has + S + V3 + O + Adverb + ?
Ex: Look! The pilot has made an acrobatic flight on the sky.
       I have called him eight times.

4.    Present Perfect Continuous Tense atau Present Perfect Progessive untuk menyatakan pekerjaan yang telah dimulai di masa lalu tapi masih berlangsung hingga saat ini. Kata keterangan menggunakan since, for.
Rumus: (+) S + have/has/ + been + Ving + O + Adverb
             (-)  S + have/has + not + been + Ving + O + Adverb
             (?) have/has + S + been + Ving + O + Adverb + ?
Ex: She has been sleeping since one hour ago.
       We have been walking for a whole day.

5.    Simple Past Tense untuk menyatakan bahwa suatu kejadian terjadi di masa lampau. Kata keterangan menggunakan yesterday, last...
Rumus: (+) S + V2 + O + Adverb
             (-)  S + didn’t + Not + V1 + O + Adverb
             (?) did + S + V1 + O + Adverb + ?
Ex: I studied civil engineering 4 years.
     She was a stamp collector.

6.    Past Continuous Tense untuk menyatakan pekerjaan yang sedang terjadi pada masa lampau sementara disaat yang sama pekerjaan lain sedang dilakukan juga.
Ex: She was reading a book when (past continuous) when I come (past tense).
      John was crying  in my shoulder so I could not go anywhere.

7.    Past Perfect Tense untuk menyatakan kejadian di masa lampau dan telah usai. Perbedaannya dengan past tense biasanya ini untuk penggunaan kalimat kompleks.
Rumus: (+) S + had + V3+ O + Adverb
             (-) S + had + Not + V3+ O + Adverb
             (?) had + S + V3 + O + Adverb ?
Ex: He had gone to London yesterday when I arrived at his home.
       We had been a good team that’s why we won the game last week.

8.    Past Perfect Continuous Tense untuk menceritakan tindakan yang telah terjadi dan sedang berlangsung di masa lalu sampai titik waktu tertentu di masa lalu juga.
Ex: When Indra came, Nina had been cooking.
       She had been living in Jakarta about ten month.

9.    Future Tense untuk menyatakan kegiatan di masa depan atau yang akan datang. Kata keterangan menggunakan tomorrow, the next day, next...
Runus: (+) S + will + V infinitive + O + Adverb
            (-)  S + will + Not + V1 + O + Adverb
            (?)  will + S + V1 + O + Adverb + ?
Ex: You will win the games.
       I will change my chlothes.
       The doom will not happen in 2012.

10.     Future Continuous Tense untuk menunjukkan suatu aktivitas yang sedang terjadi pada masa yang akan datang.
Ex: He will be coming at my wedding party.
       I’ll be still watching movie.

11.     Future Perfect Tense untuk menyatakan suatu perbuatan yang sudah selesai dilakukan di masa mendatang.
Rumus: (+) S + will + have + V3
             (-)  S + will + Not + have + V3
             (?) will + S + have + V3 + ?
Ex: Susi will have finished her work at 8 pm.
       I will have read this book by the time you will arrive.

12.     Future Perfect Continuous Tense untuk menunjukkan suatu pekerjaan yang sedang berlangsung dan berkakhir dalam durasi tertentu di masa depan.
Ex: She will have been following the test for an hour at 11 am.
       We will have been living together in this town.

Ini bukan pembelajaran ilmu pasti jadi jangan terpaku pada rumus. Pembelajaran bahasa itu luas karena unsurnya pemahaman dan pengembangan. Pembelajaran dengan membuat kalimat bebas minimal 1 paragraf. Memperbanyak membaca artikel berbahasa inggris selain menambah perbendaharaan kata juga mengasah dalam hal grammar. Selamat Mencoba!!!



Komentar