Ilmu apabila
tidak sering digunakan lambat laun pasti akan pudar dan hilang. Mari kita
membahasa tentang tenses. Apa sih itu tenses??? Tenses adalah tata cara dasar dalam
membuat kalimat dalam bahasa inggris yang menggambarkan atau menjelaskan kapan
suatu peristiwa, berita, pernyataan, tindakan yang terjadi di dalam kalimat Present (sekarang), Past
(lampau) dan Future (yang akan
datang). Kenapa penulis membahas ini, beberapa hari yang lalu penulis mengikuti
test forum diskusi Teaching Learning di Jakarta. Tenses sudah diajarkan di
sekolah Dasar (SD). SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan, Pelengkap)
adalah rumus yang digunakan untuk menyusun kalimat dalam Bahasa Indonesia.
Kalau dalam Bahasa Inggris kenali istilah dasar Verb (Kata Kerja), Noun
(Kata Benda), Adjective (Kata Sifat)
dan Adverb (Kata Keterangan). Kenapa
sebagian orang masih kesulitan mendalami Bahasa Inggris, Bahasa Inggris itu Foreign Language sedangkan Second Language adalah Bahasa Indonesia
dan Mother Language adalah Bahasa
Daerah. Ada pepatah bisa karena terbiasa dan itu memang terbukti dalam
pembelajaran Bahasa Inggris. Kembali pada tema yang akan jadi pembahasan kali
ini. Tenses ada beberapa macam:
1.
Present
Simple Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, Present
Perfect Continuous Tense
2.
Simple
Past Tense, Past
Continuous Tense, Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense
3.
Future
Tense, Future Continuous
Tense, Future Perfect Tense, Future Perfect Continuous Tense
Banyak sekali
rumusnya ya, ingat tidak perlu menghafalkan semua nama tenses dan rumusnya cukup
memahami dan menerapkannya kedalam kalimat saja. Dalam forum diskusi ada guru
yang mengajar siswa dari Lab School dan JIS (Jakarta Intercultural School).
Guru tersebut mengatakan, “Kebanyakan siswa internasional memang fasih dalam Speaking, Listening dan Writing tetapi
mereka masih lemah dalam grammar, bahkan mereka cenderung kebingungan untuk
menentukan jenis tenses dan rumusnya.” Cara menjelaskan kepada siswa juga lebih
rumit apabila menggunakan banyak rumus, lebih mudah langsung menggunkan contoh
kalimat dalam artikel, subtitle, lyric yang dirasa lebih menarik. Penjabaran
yang bertele-tele membuat siswa bosan, mengantuk bahkan bingung. Bagaimana
menyampaikan materi pembelajaran agar para siswa lebih mudah memahami.
Pengajaran secara direct method di sekolah tersebut
menggunakan native speaker.
Pengajaran melalui music, movie, outing class dll, lebih menekankan dalam speaking (pronounciation) agar bisa
bersaing secara internasional. Mereka tidak perlu menggunakan embel-embel rumus
karena mereka sudah terbiasa dan terlatih secara langsung. Tetapi bagi yang
masih awam lebih baik belajar dasarnya. To be (is, am, are, was,were, being,
been) sedangkan Auxiliary (can, could, will, would, may, might, shall, should,
must, ought to, have/has, had, do/does, did). Ingat they, we, I, You tidak suka
es maka menggunakan (do, am, were, are) sedangkan he, she, it suka doyan maka
menggunakan (does, is, was)
1. Simple Present Tense untuk
menyatakan fakta, kebiasaan atau kejadian yang terjadi saat ini. Kata
keterangan yang digunakan every... (day, where,
time, week, year, month), annual, always, usually, seldom, often, sometimes,
never,
Rumus: (+) S + V (s/es) + O +
Adverb (adverb of time, of manner, of place, etc)
(-) S +
do/does + Not + V1 (verb infinitive) + O + Adverb
(?) Do/does (to be) + S + V1 + O + Adverb + ?
Ex: Government gives fund to poor people as a compensation of new oil
policy.
Titanic
is one of the biggest ship in the world.
2. Present Continuous Tense untuk menyatakan
aksi yang sedang berlangsung sekarang. Kata keterangan yang digunakan now, today, this... (month, day, week, year,
time), right now, at present).
Rumus: (+) S + be (is,am,are) +
Ving + O + Adverb
(-) S +
be (is,am,are) + Not + Ving + O + Adverb
(?) be (is,am,are) + S + Ving + O + Adverb + ?
Ex: He is
learning in order to be a great guide today.
I’am spending my holiday
in the beach.
3. Present Perfect Tense untuk menyatakan
suatu aktivitas yang telah dilakukan saat ini atau baru saja selesai. Kata
keterangan menggunkan just now, yet,
already, ever..., already,
Rumus: (+) S + have/has + V3 + O
+ Adverb
(-) S +
have/has + Not + V3 + O + Adverb
(?) have/has + S + V3 + O + Adverb + ?
Ex: Look! The pilot has made an acrobatic flight on the sky.
I have called
him eight times.
4. Present Perfect Continuous Tense
atau Present Perfect Progessive untuk menyatakan pekerjaan yang telah dimulai
di masa lalu tapi masih berlangsung hingga saat ini. Kata keterangan
menggunakan since, for.
Rumus: (+) S + have/has/ + been +
Ving + O + Adverb
(-) S +
have/has + not + been + Ving + O + Adverb
(?) have/has + S + been + Ving + O + Adverb +
?
Ex: She has
been sleeping since one hour ago.
We
have been walking for a whole day.
5.
Simple
Past Tense untuk menyatakan bahwa suatu kejadian terjadi di masa lampau. Kata
keterangan menggunakan yesterday, last...
Rumus: (+) S + V2 + O + Adverb
(-) S +
didn’t + Not + V1 + O + Adverb
(?) did + S + V1 + O + Adverb + ?
Ex: I studied
civil engineering 4 years.
She
was a stamp collector.
6. Past Continuous Tense untuk
menyatakan pekerjaan yang sedang terjadi pada masa lampau sementara disaat yang
sama pekerjaan lain sedang dilakukan juga.
Ex: She was
reading a book when (past continuous) when I
come (past tense).
John was crying in my shoulder so I could
not go anywhere.
7. Past Perfect Tense untuk
menyatakan kejadian di masa lampau dan telah usai. Perbedaannya dengan past
tense biasanya ini untuk penggunaan kalimat kompleks.
Rumus: (+) S + had + V3+ O +
Adverb
(-) S + had + Not + V3+ O + Adverb
(?) had + S + V3 + O + Adverb ?
Ex: He had
gone to London yesterday when I arrived at his home.
We had been a
good team that’s why we won the game last week.
8. Past Perfect Continuous Tense
untuk menceritakan tindakan yang telah terjadi dan sedang berlangsung di masa
lalu sampai titik waktu tertentu di masa lalu juga.
Ex: When Indra came, Nina had been cooking.
She
had been living in Jakarta about ten month.
9. Future Tense untuk menyatakan
kegiatan di masa depan atau yang akan datang. Kata keterangan menggunakan tomorrow, the next day, next...
Runus: (+) S + will + V
infinitive + O + Adverb
(-) S + will + Not + V1 + O + Adverb
(?) will + S + V1 + O + Adverb + ?
Ex: You will
win the games.
I
will change my chlothes.
The
doom will not happen in 2012.
10. Future Continuous Tense untuk menunjukkan
suatu aktivitas yang sedang terjadi pada masa yang akan datang.
Ex: He will
be coming at my wedding party.
I’ll be still watching movie.
11. Future Perfect Tense untuk menyatakan suatu
perbuatan yang sudah selesai dilakukan di masa mendatang.
Rumus: (+) S + will + have + V3
(-) S +
will + Not + have + V3
(?) will + S + have + V3 + ?
Ex: Susi will
have finished her work at 8 pm.
I
will have read this book by the time you will
arrive.
12. Future Perfect Continuous Tense untuk menunjukkan
suatu pekerjaan yang sedang berlangsung dan berkakhir dalam durasi tertentu di
masa depan.
Ex: She will
have been following the test for an hour at 11 am.
We
will have been living together in this town.
Ini bukan
pembelajaran ilmu pasti jadi jangan terpaku pada rumus. Pembelajaran bahasa itu
luas karena unsurnya pemahaman dan pengembangan. Pembelajaran dengan membuat
kalimat bebas minimal 1 paragraf. Memperbanyak membaca artikel berbahasa
inggris selain menambah perbendaharaan kata juga mengasah dalam hal grammar. Selamat
Mencoba!!!
Komentar
Posting Komentar